Pengukuran Jarak Jangkauan Standar

Untuk menentukan jarak jangkauan standar, seperti yg dipakai oleh senter2 mahal, dibutuhkan sebuah luxmeter (pengukur intensitas). Caranya nyalakan senter selama 1 menit (biar stabil) kemudian ukur lux maksimal dari jarak 1 meter. Pengukuran harus dilakukan di tempat yg gelap supaya tidak ada gangguan pada Lux Meter. Setelah mendapatkan angka itu, maka tinggal dimasukkan ke rumus :



Jarak = akar(LUX/0.25)



Sebagai contoh, senter CR48 XML T6 yg saya foro sinar kemarin mendapatkan angka 4700LUX. Sehinga diperoleh jangkauan adaah 137Meter. Angka 137 meter disini adalah sesuai standar pengukuran senter, jadi bukan relatif terhadap masing2 orang. Jadi apabila tertera sesuai standar 137meter, maka blom tentu customer A akan menyetujuinya, karena patokan dia berbeda dengan standar.


Standar disini adalah bahwa dianggap udara yg dilewati sinar adalah bersih jadi tidak ada gangguan dari atmosfer. Kemudian tingkat terang toleransi paling redup adalah 0.25LUX (setara sinar bulan katanya). Kemudian muncullah rumus tersebut. Detail penjelasannya ada disini


Kalau tidak ada halangan, malam ini saya akan ukur jarak jangkauan standar semua senter yang ready stok, dengan LUX meter yg datang hari ini:


Ga sempet juga ngukur, selesai bungkus2 jam 10, ke jne pulang dari jne, jam 11an, jam segitu masi rame di jne, seller online semua...

Kunjungi Toko Senter Led untuk membeli senter led.


Ada 0 komentar