Mosfet, Jantung dari driver Senter Led

Driver pada senter led bertugas mengatur arus dari batere ke LED, pada umumnya senter dengan 1 batere memiliki desain sangat sederhana. Sebuah PIC yang mengontrol mode, dengan menciptakan gelombang On dan Off secara cepat sehingga tidak terasa, namun bisa mengontrol tingkat terang dari LED. Istilahnya PWM, Pulse Width Modulation. Namun yang bertugas sesungguhnya memompa listrik dari batere ke led adalah sebuah transistor MOSFET. Pada umumnya dipakai mosfet tipe ini:




Mosfet tsb berukuran sangat kecil, namun bisa menyalurkan arus besar (ukuran 2-3 ampere) tergantung Voltase Sumber dan beban.


Dengan mengubah mosfet kita bisa mendapatkan arus yang lebih besar sesuai kebutuhan kita. Cara paling gampang adalah dengan memparalel MOSFET tersebut dengan kode yang sama. Namun memang MOSFET tersebut tidak mudah ditemukah di toko2. Namun kita sedang mendatangkannya. Dan dengan trik2 sederhana, kita bisa membuat senter sepeda murah yang drivernya arusnya lemah, menjadi besar, cocok untuk diisi led lebih powerfull semacam Q5. Pada saat saya menulis ini, saya sedang mencobanya, dengan mencopot MOSFET dari salah satu drver2 rusak yang banyak dirumah.


Hasilnya sangat memuaskan... berikut foto pemasangan yang masih amburadul tersebut:





Hasilnya sangat memuaskan. Jauh lebih terang dari modif osram. Meski kalo pake osram lebih murah. Cuma kebetulan optik osram lagi habis.


Ada 2 tipe Mosfet yang akan saya datangkan, tipe N dan tipe P, tipe P cocok untuk mengganti dan banyak digunakan di Driver2 senter Q5. Sedangkan tipe salah satunya digunakan di DR02 (driver XML).


Kunjungi Toko Senter Led untuk membeli senter led.


Ada 1 komentar
2012-10-08 11:56:13  tokosenterled
Bagi yang berminat simulasi elektronika tanpa install program bisa langsung ke http://www.falstad.com/circuit/ . Saya sendiri memakainya sebelum memasangnya, untuk memastikan rangkaian berjalan sebagaimana mestinya.